Virtual Situs Benteng Vastenburg

Tiket

-

Jam Buka

09.00 - 16.00 WIB

Lokasi

Surakarta, Jawa Tengah

Sesuai perintah dari Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff, benteng ini dibangun pada tahun 1745. Fungsinya sangat lah vital bagi komunitas eropa Hindia Belanda ketika itu. Fungsinya ialah sebagai pengawasan terhadap Keraton Surakarta yang berkuasa di Surakarta.

Profil Wisata Edukasi Benteng Vastenburg Kota Solo. Benteng Vastenburg satu lagi merupakan wisata edukasi dari sekian banyaknya wisata edukasi di kota Solo. Bangunan yang penuh akan unsur sejarah ini berdiri kokoh tengah kota Solo. Dengan unsur sejarah nya yang kental ini membuat benteng satu ini menjadi wisata edukasi yang bagus untuk wisatawan.

Benteng Vastenburg memiliki parit disepanjang keliling temboknya. Parit ini berfungsi untuk melindungi benteng dengan jembatan dipintu depan dan belakangnya. Letaknya sendiri ketika itu tepat berada di depan kediaman Gubernur Belanda (sekarang menjadi kantor Balaikota). Memiliki lapangan ditengah-tengah bangunan sebagai tempat apel bendera sebelum bertugas.

Dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia, benteng ini kemudian digunakan sebagai marakas TNI. Benteng ini beralih fungsi kembali menjadi pusat Brigade Infanteri 6/Trisakti Baladaya Kostrad dan juga difungsikan sebagai tempat pelatihan prajurit keraton. Namun sayang, setelah 1980an benteng ini kemudian tidak lagi difungsikan.

Karena tidak lagi berfungsi, kemudian Benteng Vastenburg ini menjadi terbengkalai dengan keadaannya yang memprihatinkan. Tepatnya, pada tahun 2010 benteng ini kemudian direnovasi dan dijadikan situs cagar budaya. Berbagai renovasi dilakukan oleh Ir. H. Joko Widodo pada tahun 2014 hingga sekarang pun masih berfungsi sebagaimana mestinya.

Sebelum masa pandemi Covid-19 berlangsung, benteng ini selalu digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Biasanya digunakan untuk berbagai kegiatan seperti festival, konser musik, atau kegiatan lain yang berkaitan dengan masyarakat. Sayang setelah pandemi Covid19 terjadi benteng ini pun sepi oleh pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *