Kawasan Situs Manusia Purba Sangiran

Klaster Ngebung

Klaster Ngebung merupakan lokasi penggalian pertama kali yang dilakukan oleh para ilmuwan dalam menemukan jejak manusia purba di Sangiran. Penggalian di situs Ngebung ini menjadi pemicu penggalian lanjutan di situs-situs lainnya, sehingga situs Ngebung memiliki nilai historis yang signifikan dalam sejarah arkeologi di Indonesia. Pada situs Ngebung ini, penggambaran kegiatan eksplorasi para ilmuwan ditampilkan  secara menarik, baik melalui visual maupun digital interaktif.

Klaster Krikilan

Klaster Krikilan merupakan pusat kunjungan situs Sangiran yang menampilkan berbagai informasi menarik mengenai manusia purba. Dalam klaster Krikilan, ditampilkan tiga ruang pamer sebagai wahana edukasi untuk pengunjung. Ruang pamer pertama atau dikenal dengan ruang Kekayaan Sangiran merupakan ruang pamer yang menampilkan berbagai temuan fosil dan hasil budaya yang ditemukan di situs Sangiran. Selanjutnya, untuk ruang pamer dua atau ruang pamer Langkah-Langkah Kemanusiaan, merupakan ruangan yang menyajikan informasi mengenai pembentukan tata surya dan perkembangan bumi yang ditampilkan dalam bentuk film pendek. Sementara ruang pamer tiga atau ruang Masa Keemasan Homo Erectus, ialah ruangan yang memaparkan informasi mengenai kehidupan Homo Erectus dan binatang purba yang ditampilkan dalam bentuk diorama berukuran besar. Tiga ruang pamer dapat menjadi sumber informasi yang cukup untuk memenuhi rasa keingintahuan pengunjung mengenai gambaran umum zaman purba.

Klaster Bukuran dan Manyarejo

Klaster Bukuran merupakan salah satu situs yang potensi sebagian besar nya ialah temuan fosil Homo Erectus, sehingga situs ini dapat dikembangkan menjadi pusat museum evolusi manusia purba. Informasi yang ditampilkan dalam situs ini pun disajikan secara menarik melalui media visual Grafis dan interaktif. Sementara itu, Klaster Manyarejo menyajikan informasi terkait dengan memori hubungan harmonis warga setempat dengan para peneliti. Kenangan penelitian yang dilakukan oleh warga setempat dan peneliti diabadikan melalui penggambaran koleksi memorabilia yang dikemas dengan menggunakan teknologi informasi, sehingga pengunjung dapat menyerap informasi secara interaktif.

Klaster Dayu

Klaster Dayu merupakan salah satu situs sangiran yang terletak di Kampung Dayu, Gondangrejo, Karanganyar. Klaster ini menampilkan berbagai kehidupan makhluk hidup jutaan tahun lalu, seperti kehidupann flora, fauna, dan manusia purba serta budaya yang dihasilkannya. Selain itu, perubahan lingkungan atau sajian jenis lapisan tanah juga dapat dijumpai dalam museum Dayu. Fasilitas informasi yang disajikan yaitu dengan ruang pamer yang disertai teknologi modern, sehingga menarik untuk dikunjungi sebagai rujukan wisata edukasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *