Museum Kerang

Tiket

-

Jam Buka

09.00 - 16.00 WIB

Lokasi

Kuta, Bali

Museum ini berdiri sejak tahun 2009. Melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor SK.630/Menhut-ll/2010 tanggal 11 November 2010 museum ini ditetapkan sebagai lembaga konservasi dalam bentuk Museum Zoologi kepada CV. Bali Shell Museum yang memiliki kantor dan lokasi Museum di Jl. Sunset Road 819, Br.Abian Base dikelola oleh bapak Oentoeng Sutomo. Museum ini menampung berbagai macam koleksi dari hewan laut, terdiri dari posil binatang laut dan tumbuhan alam lainnya.

            Di museum seluas 1.500 m2 ini, pengunjung dapat melihat ribuan jenis kerang . Museum ini pun menjadi satu-satunya museum kerang yang terdapat di Indonesia. Museum ini dibagi menjadi tiga lantai. Di lantai pertama terdapat lampu, pajangan dinding, sampai pernak-pernik yang ditata apik dari bahan dasar kerang.

Di lantai dua, ada koleksi kerang dalam berbagai ukuran dan umur. Kerang-kerang ini tak hanya diambil dari perairan Indonesia saja, tapi juga seluruh dunia. Yang paling terkenal, adalah fosil Orthoceras, kerang panjang berbentuk pipih yang diperkirakan berumur 395 juta tahun. Di lantai tiga, terdapat museum biota laut yang berisi fosil aneka jenis bulu babi, hiu, bintang laut, dan lain-lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *