Museum Arkeologi Gedong Arca

Tiket

-

Jam Buka

09.00 - 16.00 WIB

Lokasi

Gianyar, Bali

Gedung arca merupakan museum lapangan (field archaelogical museum) yang telah dibangun sejak tahun 1960 di bawah Dinas Purbakala Bali.  Karena terhalang berbagai hal, museum ini baru dibuka secara resmi pada tahun 1974. Di Gedung Area ini terdapat koleksi benda-benda purbakala yang berasal dari zaman prasejarah Bali dan jaman sejarah Bali.

Museum Gedung Area terletak di antara Desa Pejeng dan Desa Bedulu, tepatnya di tepi jalan raya menuju Tampaksiring di Kabupaten Gianyar. Museum ini banyak dikunjungi wisatawan mancanegara ataupun wisatawan nusantara. Di samping melihat-lihat koleksi benda-benda bersejarah ada juga yang melakukan penelitian. Di antara koleksi benda-benda bersejarah ada juga yang melakukan penelitian. Di antara koleksi benda-benda prasejarah ini terdapat juga alat-alat dari batu, tulang dan lain-lainnya.

Hal yang sangat menarik perhatian adalah beberapa buah peti mayat (sarkofagus) yang berasal dari berbagai tempat di Bali. Sarkopagus itu pada umumnya berbentuk seperti kura-kura mempunyai tonjolan pada sisi depan dan sisi belakang atau pada sisi sampingnya. 

Di antara tonjolan-­tonjolan ini ada yang dihiasi dengan pahatan kedok muka yang memperlihatkan mata bulat atau membelalak, mulut menganga dengan lidah men-julur. Koleksi lainnya berupa stupika dari Pejeng area perunggu dan lain-lain. 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *