Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Tiket

-

Jam Buka

09.00 - 16.00 WIB

Lokasi

Sleman, Yogyakarta

Museum ullen Sentalu merupakan museum swasta yang didirikan oleh keluarga Haryono dibawah Yayasan Ullen Sentalu. Nama Ullen Sentalu merupakan akronim dari bahasa Jawa “U/ating 8/encong Sejatine Tatarane Lumaku” Secara filosofi berarti nyala lampu blencong (lampu kelir pada pertujukan wayang zaman dahulu) sebagai pelita kehidupan umat manusia.

                Gagasan untuk mendirikan museum diawali oleh rasa keprihatinan keluarga Haryono terhadap pelestarian batik kuno. Keluarga yang kental dengan nuansa batik bermotif Vorsteulanden (Ngayogyakarta dan Surakarta) mendirikan museum dengan koleksi yang mengambarkan sejarah seni dan budaya Mataram sebagai warisan intangible yang dituangkan dalam karyakarya finearts. Museum ini mendapat dukungan para sesepuh Dinasti Mataram, di antaranya Paku Buwono XII, GBPH Poeger, KGPAA. Paku

Alam IX, GRA. Siti Nurul Kusumawardhani, dan mantan ibu negara Hartini Soekarno. Bangunan museum berdasarkan konsep harmonisasi alam dan lingkungan dibuat dengan mengindahkan landscape yang menyatu dengan alam “In The Field Architecture Concept”. Museum ini mempunyai bangunan utama yaitu Guwo Selo Giri dan Kampung Kambang. Museum Ullen Sentalu diresmikan oleh KGPAA Paku Alam VIII sebagai pejabat Gubernur Daerah lstimewa Yogyakarta pada tanggal1 Maret 1997. Koleksi museum ini berupa berbagaimacam kain batik motif kuno, lukisanlukisan, dan foto-foto. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *