Museum TNI AL Loka Jala Crana

Tiket

-

Jam Buka

09.00 - 16.00 WIB

Lokasi

Surabaya, Jawa Timur

            Museum Loka Jala Crana didirikan pada tanggal 19 September 1969, berdasarkan SKEP KASAL No. Skep/11106/VII/1973, dengan nama Museum Akabri Bagian Laut. Sesuai dengan namanya semula hanya diperuntukan bagi Taruna Akabri Bagian Laut sebagai media pembelajaran sejarah. Seiring dengan perkembangannya Museum ini diganti namanya menjadi Museum TNI AL pada tanggal 10 Juli 1973. Pada 6 Oktober 1979 namanya diubah lagi menjadi Museum Loka Jala Crana.

           Museum Loka Jala Crana berada di Morokrembangan Surabaya ditengahtengah lingkungan pusat pendidikan TNI Angkatan Laut. Museum ini menyimpan dan memamerkan benda-benda bersejarah yang pernah dimiliki dan dipergunakan semasa revolusi phisik hingga sekarang, diantaranya : Pesawat, kendaraan tempur dan pasukan, Senjata Amunisi, Kaporlap, tanda-tanda jasa dan kehormatan, lambang-lambang dan bendera.

           Selain menyimpan dan memamerkan benda bersejarah, di dalam komplek museum ini terdapat gedung planetarium untuk mengetahui gambaran tata surya di angkasa raya. Museum TNI AL merupakan cermin sejarah perkembangan dan perjuangan TNI di bidang matra laut. Dengan di pamerkan dan dilestarikannya benda koleksi tersebut, diharapkan dapat menggugah generasi muda untuk mengetahui, mengerti dan menghayati Sejarah TNI-AL dan sekaligus menjadi Pengawal Lautan Nusantara sebagai pewaris bangsa bahari, “Nenek moyangku orang pelaut”.

Koleksi Museum Loka Jala Crana berbentuk dokumen, koleksi yang bersifat umum dan maquette. Sedangkan koleksi unggulan yang dipamerkan berupa:

  • Kapal
  • Kisah Pertempuran Laut Aru
  • Kepahlawanan Usman dan Harun
  • Monumen KRI Dewa Karawaci
  • Kapal Layar Kpt .Pahlawan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *