Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, M.Ph

Tiket

-

Jam Buka

09.00 - 16.00 WIB

Lokasi

Surabaya, Jawa Timur

         Indonesia kaya akan keragaman budaya termasuk budaya kesehatan dari ratusan suku bangsa yang ada di Indonesia. Namun sering muncul kesulitan untuk mendapatkan informasi tentang pelayanan kesehatan yang terjadi di masa lalu.

               Berdasarkan pentingnya informasi ini maka didirikan sarana informasi tentang pelayanan kesehatan dari berbagai suku bangsa di Indonesia di masa lalu yaitu Museum Kesehatan. Melalui Museum Kesehatan ini disediakan informasi dalam bentuk benda nyata yang bisa dinikmati oleh indera mata dan disentuh dengan tangan. Tahun 1980 Pemerintah melalui Departemen Kesehatan telah merintis berdirinya Museum Kesehatan dan pada tanggal 16 Desember 2003, dilakukan peresmian Museum Kesehatan Puslitbang Pelayanan dan Teknologi Kesehatan (PUSLITBANG YANTEKKES) oleh Kepala Puslitbang. Pada tanggal 14 September 2004 Museum Kesehatan Puslitbang Yantekkes Surabaya diresmikan oleh Menteri Kesehatan menjadi Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH.

                Museum ini berisi koleksi foto para Menteri Kesehatan RI, pakaian dan lencana yang berkaitan dengan Departemen Kesehatan, benda yang berkaitan dengan reproduksi manusia, benda dan sarana kesehatan tradisional, benda budaya supranatural, dan sarana medik. Koleksi-koleksi ini merupakan produk sarana pelayanan kesehatan yang digunakan sejak tahun 1950. Untuk melengkapi informasi, di Museum Kesehatan “Dr. Adyatma, MPH” tersedia juga perpustakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *