Museum Kambang Putih

Tiket

-

Jam Buka

09.00 - 16.00 WIB

Lokasi

Tuban, Jawa Timur

    Tuban dikenal sejak zaman Majapahit, sebagai salah satu pelabuhan yang banyak berperan dalam percaturan transportasi perdagangan lewat laut. Sebagai salah satu cara untuk melestarikan tinggalan-tinggalan arkeologi yang ada di Tuban, maka para pemerhati budaya di Tuban mempunyai gagasan mendirikan wadah resmi untuk menampung semua hasil kekayaan budaya di daerah Tuban, wadah tersebut adalah “Museum”. Museum ini diresmikan pada tanggal 15 Januari 1996 oleh Gubernur Jawa Timur, Basofi Soedirman dengan nama Museum Kambang Putih.

            Museum Kambang Putih memiliki cita-cita sebagai lembaga kajian ilmiah bukti material peninggalan sejarah budaya bangsa tempo dulu, sekarang dan yang akan datang. Sebagai lembaga kajian ilmiah museum bertugas menyimpan, merawat, melestarikan, menyebarluaskan, menyampaikan, memamerkan dan menyelamatkan bendabenda budaya yang tidak ternilai harganya.

           Koleksi museum berjumlah kurang lebih 2200 buah terdiri dari koleksi biologi, arkeologi, filologi, etnografi, keramik, dan numismatik. Pameran tetap di Museum Kambang Putih dikelompokkan berdasarkan jenis koleksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *