Musuem H. Widayat

Tiket

-

Jam Buka

09.00 - 16.00 WIB

Lokasi

Magelang, Jawa Tengah

Museum Haji Widayat adalah wujud nyata dari sebuah impian, obsesidan prestasi dari pelukis H. Widayat. lmpian dan obsesinya untuk memelihara dan mengabadikan karya-karya pelukis muda, khususnya mahasiswa ASRI (lSI). Selama lebih dari 40 tahun, beliau bercita-cita untuk memiliki museum. Museum tersebut bukan saja sebagai tempat memamerkan karya-karya pribadinya tetapi juga karya-karya pelukis dan perupa lain.

Motivasi utama H. Widayat adalah menjadikan museum pribadinya sebagai tempat untuk belajar dan mengapresiasi karya seni. Ide mendirikan museum bermula dari keprihatinan Widayat melihat koleksi karya-karya mahasiswa yang hanya bertumpuk di gudang. Pada tahun 1991 Museum H.Widayat dibangun dan pada tanggal 30 April 1994 diresmikan pembukaannya oleh Prof. Dr. lng. Wardiman Djojonegoro, Mendikbud saat itu.

Museum ini merupakan perwujudan dari cita- cita H. Widayat untuk mengumpulkan hasil karya seni pelukis- pelukis muda dari mahasiswa Lsi ( Institute Seni Indonesia) atau yang dulu dikenal Sebagai ASRI (Akademi Seni Rupa Indonesia). H. Widayat sendiri merupakan pelukis jempolan dan menjadi Dosen di lSI. Museum H. Widayat diresmikan pada tanggal 30 April 1994 oleh Prof. Dr. lng. Wardiman Djojonegoro, Mentri Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia.

Museum seluas 7.000 meter persegi ini menyimpan ratusan karya seni lukis cat minyat diatas kanvas, lebih dari 1.000 lukisan disini merupakan hasil goresan tangan dari almarhum H. Widayat. Dan lebih dari 500 karya lukis lainnya yang berasal dari seniman lukis lainnya. Dimuseum ini dapat dilihat berbagai jenis benda seni dari yang merupakan koleksi dari H. Widayat sendiri, seperti berbagai patung dan benda- benda seni lainnya.

Selain hasil karya seni Widayat sendiri, dimuseum ini anda bisa melihat lukisan dari berbagai seniman, seperti lukisan karya Sudjojono, Mochtar Apin, dan Popo Iskandar. Selain sebagai museum, di dalam museum anda juga akan mendapati sebuah Galeri Soewarni dan Art Shop Soemini, anda bisa membeli sebuah karya yang bernilai jutaan rupiah disini, tentunya bukan sembarang lukisan yang dijual.

Koleksi yang dimiliki Museum H. Widayat adalah lukisan karya Widayat dan seniman lainnya yang jumlahnya semakin meningkat. Koleksi lukisan Widayat yang tersimpan sekarang sudah mencapai 1001 buah karya dan karya seniman lain sudah tersimpan sekitar 500 buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *