Museum Ranggawarsita

Tiket

-

Jam Buka

09.00 - 16.00 WIB

Lokasi

Semarang, Jawa Tengah

Museum Negeri Provinsi Jawa Tengah Ronggowarsito diresmikan pemanfaatannya untuk masyarakat oleh Mendikbud Prof. Dr. Fuad Hassan pada tanggal 5  Juli 1989. Tata penyajian pameran mengacu pada konteks “Eksistensi Manusia Jawa Tengah dan Lingkungannya” dengan menggunakan tiga pendekatan yaitu intelektual, estetis, romantis dan evocatif.

Pembangunan Museum Jawa Tengah bertujuan untuk mendokumentasikan, memperagakan dan mengkomunikasikan semua hasil budaya material, dan fungsi museum lebih dititik beratkan pada kegunaannya dalam rangka pengembangan kebudayaan bangsa, pendidikan, pengetahuan dan penelitian.

Secara keseluruhan kekayaan koleksi yang dimiliki Museum Negeri Provinsi Jawa Tengah menggambarkan keagungan, keluhuran dan keanekaragaman khasanah budaya Jawa Tengah sejak zaman pra sejarah sampai masa pembangunan. Jumlah koleksi yang dimiliki 59.384 buah terdiri dari 10 jenis koleksi yakni koleksi geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, biologika, keramologika, seni rupa, dan teknologika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *