Museum Sepuluh November Surabaya

Tiket

-

Jam Buka

09.00 - 16.00 WIB

Lokasi

Surabaya, Jawa Timur

        Museum Sepuluh November Surabaya dibangun untuk memperjelas keberadaan Monumen Tugu Pahlawan, yaitu sebagai media untuk mempelajari rangkaian peristiwa pertempuran Sepuluh November 1945 di Surabaya.

         Museum Sepuluh November merupakan museum khusus perjuangan Sepuluh November 1945 yang merupakan Unit Pelaksanaan Teknis dalam lingkungan Dinas Pariwisata Kota Surabaya. Tugas Museum Sepuluh November adalah mengumpulkan, merawat, mengawetkan, menyajikan, meneliti koleksi dan menerbitkan hasilnya serta memberikan bimbingan edukatif, kulturaI, dan rekreatif melalui benda yang mempunyai nilai budaya, ilmiah dan bersifat regional.

                Museum Sepuluh November diresmikan secara soft opening tanggal 10 November 1998 oleh Walikota Surabaya Bp. Sunarto Sumoprawiro, sedangkan grand opening tanggal 19 Februari 2000 oleh Presiden Abdulrahman Wahid.

                Di dalam museum terdapat koleksi persenjataan, baik dari pihak sekutu maupun dari pihak Jepang, yang digunakan pada pertempuran 10 November 1945. Selain itu juga terdapat hall of fame/ruang hening, gugus patung, koleksi foto, koleksi bersejarah dari Bung Torno, beberapa setting peristiwa penting yang dirangkum dalam delapan diorama statis, dan penayangan film pertempuran 10 November 1945 dalam diorama elektronik.

                Di museum Sepuluh November pengunjung dapat mendengarkan pidato Bung Torno yang berapi-api untuk membangkitkan semangat juang rakyat dalam menghadapi ultimatum sekutu. Semangat juang serta persatuan dan kesatuan yang tinggi dalam pertempuran 10 November 1945 inilah yang kemudian diabadikan dalam predikat Surabaya sebagai Kota Pahlawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *