Workshop : Exploring Digital Media

Komunitas Edukasi Museum mengadakan Workshop bertajuk Exploring Digital Media. Workshop merupakan agenda bersama antara Komunitas Edukasi Museum dengan Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah FKIP UNS. Agenda ini didukung oleh ceevee.co.id, sandang alam, komunitas sraddha, event organizer Djangkar Angkasa, AS Camera, Buku Revolusi, Komunitas Kanal Baca dan Clothifly.

Diskusi dilaksanakan dalam tiga sesi agenda. Agenda pertama merupakan pemaparan materi oleh Rendra Agusta (Heuristik Data Sejarah) dan Gama Prabowo (Fotografi Historis) yang dilaksanakan di Gedung A FKIP UNS pada tanggal 13 Maret 2020. Agenda kedua merupakan pemaparan materi oleh Nur Fatah Abidin (Analisis Kritis Data Historis) dan Soma Surya Persada (Berpikir Historis yang dilaksanakan di Gedung C FKIP UNS pada tanggal 21 Maret 2020. Agenda ketiga merupakan pemaparan materi oleh Dadan Adi Kurniawan (Interpretasi dan Historiografi) dan Prihyanto (Layout Dasar Infografis) yang dilaksanakan di Gedung A FKIP UNS pada tanggal 13 Maret 2020.

Agenda Pertama sukses dilaksanakan. Peserta dari berbagai daerah antusias mengikuti seluruh agenda sesi pertama. Namun untuk agenda di sesi kedua dan ketiga terpaksa dirubah menjadi format online karena terdampak Covid-19.

Acara pertama dalam sesi pertama dimulai dengan presentasi materi Heuristik Data Sejarah oleh Rendra Agusta, Rendra Agusta, S.S, M.Sos, M.Hum, Rendra Agusta atau ramah dipanggil Mar Rendra merupakan peneliti naskah nusantara. Mas Rendra juga merupakan pendiri dari Komunitas Sraddha. Materi Mas Rendra membahas mengenai heuristik data sejarah secara umum hingga mengerucut kepada heuristik data sejarah melalui naskah nusantara.

Acara kedua dalam sesi pertama dilanjutkan dengan presentasi materi Fotografi Historis oleh Gama Prabowo, S.Pd. Gama merupakan fotografer yang memfokuskan kegiatannya pada fotografi lanskap budaya. Gama membahas mengenai pengetahuan fotografi, teknik dasar fotografi, etika fotografi dan hal teknis fotografi untuk pemula lainnya. Lebih lanjut Gama mengenalkan teknik fotografi khusus yang dilakukan untuk sesi pemotretan di ruang gelam dan terbatas seperti di lokasi Museum Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *